1.      Pendahuluan

Rencana strategis (Renstra) 2015-2020 merupakan terminasi dari  Renstra STKIP Setiabudhi Rangkasbitung. Rencana strategis ini disusun sebagai pedoman dalam  melaksanakan perkembangan dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi dalam suasana yang semakin mengglobal, namun tanpa melupakan situasi lokal yang sedang dihadapi.

Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskrimininatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan. Untuk meningkatkan keunggulan STKIP Setiabudhi Rangkasbitung LPPM diorientasikan sebagai sentra kaji tindak dalam pemenuhan misi sebagai pusat advokasi pendidikan masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat STKIP Setia Budhi Rangkasbitung merupakan unsur pelaksana kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan. mengkoordinasikan unit-unit kelitbangan dan pelayanan pengabdian masyarakat  dalam melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi.

2. Maksud dan Tujuan

2.1       Maksud

Maksud Penyusunan Rencana strategis (strategic plan) adalah rencana yang didesain untuk memenuhi sasaran organisatoris LPPM STKIP Setiabudhi Rangkasbitung secara luas. Strategi merupakan suatu metoda sistemik yang dibutuhkan untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi; dan merespons perkembangan situasi lingkungan sepanjang waktu.

Adapun manajemen strategis adalah proses manajemen yang mencakup penyertaan organisasi dalam membuat rencana strategis dan kemudian bertindak berdasarkan rencana tersebut. Renstra LPPM STKIP Setiabudhi menjelaskan landasan dan alur logis, serta korelasi bagaimana visi dibentuk dan berproses dalam setiap dinamika kehidupan kampus. Visi menjadi ranah yang mengarahkan pada pencapaian misi.

2.2       Tujuan

Renstra LPPM STKIP Setiabudhi Rangkasbitung bertujuan untuk mengarahkan pengembangan organisasi, sumberdaya manusia, administrasi, dan manajemen. Adapun tujuannya adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, organisasi, manajemen, dan pelaksanaan dharma penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

3.      Visi & Misi

3.1       Visi

“Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat berbasis Budaya dan daya saing”

3.2       Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan penelitian secara profesional  guna mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi  dan  seni  sesuai  dengan  budaya  bangsa  untuk memperkaya kebudayaan nasional.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan  ilmu  pengetahuan, teknologi dan seni serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat

4.      Nilai

  1. Berdaya saing  tanpa harus meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal
  2. Mandiri dalam kebersamaan yang bertanggung jawab
  3. Menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, keadilan, kejujuran, santun dalam Memegang prinsip bermutu, inovatif, dinamis, dan efisien.
  4. Komunitas masyarakat yang berbudaya dan berperadaban.

5.      Prinsip Dasar

  1. Implementasi nilai-nilai luhur Pancasila
  2. Penyelenggaraan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang baik,  menyenangkan  dan unggul dalam prestasi.
  3. Penyelenggaraan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat yang berkualitas
  4. Pelaksanaan manajemen yang  transparan, efisien, dan mengutamakan Integritas

6.      Penelitian

  1. Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya yang tersedia untuk dijadikan program unggulan
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berguna bagi umat manusia, pembangunan daerah, pembangunan nasional, sektor bisnis, dan pemerintahan.
  3. Mengembangkan jaringan kerja sama penelitian dengan pusat penelitian, lembaga pengetahuan, dan lembaga penelitian ternama di dalam dan di luar negeri.
  4. Peningkatan penelitian dosen yang berbasis problem solving meningkat.
  5. Peningkatan jumlah publikasi karya ilmiah dosen
  6. Mengembangkan relevansi penelitian untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan, kebutuhan tenaga kependidikan di Provinsi Banten, serta pemenuhan hak pendidikan Masyarakat umumnya
  7. Melakukan sinergi riset-riset dalam payung penelitian lintas prodi
  8. Mengembangkan manajemen pelatihan dan penelitian serta pengabdian masyarakat.
  9. Membangun network dengan instansi lain untuk pengembangan pelatihan dan penelitian yang inovatif guna meningkatkan pendapatan institusi.
  10. Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Penelitian

7.      Pengabdian Pada Masyarakat

  1. Mendukung peningkatan kemampuan dosen untuk bertindak sebagai konsultan dan pengkaryaaan dosen untuk pembangunan daerah.
  2. Mendorong dosen agar aktif mendiseminasikan dan mempublikasikan hasil penelitian atau gagasannya secara lokal, nasional, dan global.
  3. Menerbitkan jurnal atau majalah ilmiah yang bermutu sebagai media penyebarluasan hasil penelitian.
  4. Melayani masyarakat yang ingin memanfaatkan jasa keilmiahan atau konsultasi bagi keperluan kemajuan kependidikan.
  5. Membantu masyarakat secara langsung untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui pembinaan sekolah/ institusi kependidikan
  6. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas yang didukung dengan kegiatan penelitian yang dapat menjadi sarana belajar mahasiswa yang efektif.
  7. Meningkatkan motivasi dan kemampuan staf akademik dalam merancang kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  8. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
  9. Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat untuk pendidikan dan penelitian dengan pemanfaatan sarana masyarakat untuk pendidikan dan penelitian yang saling menguntungkan.
  10. Mengembangkan aturan baku dan standar kualitas produk hasil kegiatan dan optimalisasi monitoring dan evaluasi setiap kegiatan.
  11. Meningkatkan kapasitas dan kualitas  manajemen pengabdian kepada masyarakat melalui penataan kembali peran dan fungsi ke dalam organisasi dan manajemen yang lebih baik.